Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Struktur Atom Itu?

Struktur Atom - Atom bukanlah sebuah bahan/zat padat, tetapi atom adalah penyusun suatu bahan yang tersusun oleh tiga partikel dasar, yaitu elektron, proton dan neutron

Elektron di artikan sebagai muatan negatif (-) dan terpisah mengelilingi inti atom (nukleus). 

Elektron bergerak mengelilingi nukleus pada jalur konsentris yang disebut orbit. 

Gambaran pergerakan elektron terhadap nukleus adalah seperti planet mengelilingi matahari yang bergerak pada lintasan tertentu. Proton diartikan sebagai muatan positif (+). 

Neutron diartikan tidak bermuatan atau netral. Proton dan neutron terikat erat bersama-sama didalam inti atom dan tidak bisa bebas mengorbit.

Jika di dalam sebuah atom jumlah elektron negatif dan proton positif adalah sama, maka atom disebut dengan netral. Jumlah proton dalam inti atom menentukan nomor atom. 

Jumlah elektron yang berada didalam sebuah atom terletak di dalam orbit  yang berbeda yang disebut shell (kulit). Masing-masing kulit atom di tempati oleh elektron dengan jumlah tertentu. 

Elektron dalam orbit yang berbeda dapat berputar di sekitar inti atom ke segala arah, sehingga menghasilkan atom tiga dimensi.

Elektron yang berada pada orbit yang terdekat dengan inti atom memiliki daya tarik yang sangat baik dibandingkan dengan elektron yang berada pada kulit terjauh dari inti atom, sehingga elektron yang berada pada orbit terjauh ini memiliki kemungkinan terlepas dari atom. 

Elektron yang berada jauh dari inti atom ini disebut dengan elektron valensi (elektron terluar) dan oleh karena itu putaran elektron mengelilingi nukleus ini berada pada sebuah kulit yang disebut dengan kulit valensi (kulit terluar).

Berikut adalah sebuah gambar yang menyatakan struktur atom.

struktur atom struktur atom dan sistem periodik unsur struktur atom dan sistem periodik susunan atom materi struktur atom model dan struktur atom pengertian struktur atom struktur atom adalah tabel atom dan partikel penyusunnya contoh struktur atom materi tentang struktur atom struktur penyusun atom atom struktur
Struktur Atom


Elektron yang berada pada kulit terluar memiliki daya tarik yang rendah terhadap inti atom sehingga sangat mudah terlepas dari ikatan atom. 

Elektron terluar yang lepas dari ikatan atom disebut dengan elektron bebas. Sebuah atom yang kehilangan sebuah elektron didalam kasus ini adalah akan menjadi atom bermuatan positif, karena proton lebih banyak jumlahnya daripada elektron. 

Jika banyak elektron yang melekat pada kulit valensi, kemudian beberapa elektron lebih banyak dari proton, maka atom akan menjadi bermuatan negatif.

Tags: struktur atom, struktur atom dan sistem periodik unsur, struktur atom dan sistem periodik, susunan atom, materi struktur atom,model dan struktur atom, pengertian struktur atom, struktur atom adalah, tabel atom dan partikel penyusunnya, contoh struktur atom, materi tentang struktur atom, struktur penyusun atom, atom struktur.

Post a Comment for "Bagaimana Struktur Atom Itu?"