Add apt repository command not found | Cara Memperbaikinya

cara perbaiki repositori not found chip piko

Penyebab add-apt-repository command not found di Linux


Pengertian Repositori

add apt repository command not found  - Repositori bahasa sederhananya adalah gudang penyimpanan.

Repositori linux artinya gudang penyimpanan aplikasi Linux yang berada di server. Berbagai macam aplikasi berada didalam repositori.

Jika kita terbiasa menggunakan Windows, kita sering mencari aplikasi di Internet. Baik itu di web resmi atau tidak. Berbeda aplikasi berbeda pula website penyedianya.

Di linux, karena sifatnya adalah open source, maka aplikasi yang telah dibuat oleh pihak yang berbeda, bersama-sama disimpan didalam gudang (repositori). 

Hal ini sangat menguntungkan banyak pihak, siapa saja dapat melihat dan mengambil aplikasi ini.

Tidak seperti windows yang mencari aplikasi terpisah, di linux kita tinggal masuk repositori dan mencari aplikasi disana.

Setiap distro linux, punya repositori utama mereka, yang berisi aplikasi dan tools yang pilih dan kembangkan.

Dari pengalaman saya, ada beberapa distro linux yang tidak dapat menambah repository secara custm.

Misalnya ketika kita ingin install aplikasi linux yang tidak tersedia di AppCenter mereka, maka muncul error di terminal seperti add-apt-repository: command not found.

Mengapa ini terjadi? Berdasarkan pemahaman singkat saya, add-apt-repository command not found ini terjadi karena secara default distro mereka tidak menggunakan atau memasukkan atau mengizinkan perintah install aplikasi dari pihak ketiga.


Cara Perbaiki add-apt-repository command not found 

Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketika, cara pertama adalah kita harus install properti aplikasi umum. 

Ketika properti aplikasi umum ini telah terinstall, maka kita dapat memasukkan atau install aplikasi yang tidak resmi dari distro tersebut. Kurang lebih saya memahaminya seperti itu.

Katakanlah saja distro linux Elementary OS, kita tidak bisa menginstall aplikasi Tweak di sistem mereka, karena properti aplikasi umum tidak terinstall.

Cara install properti aplikasi umum agar hilangnya add apt repository command not found adalah buka terminal kemudian masukkan command berikut:

sudo apt-get install software-properties-common

Setelah berhasil, anda baru bisa menambahkan  repository aplikasi yang anda inginkan. Seperti contoh anda ingin install aplikasi desain grafis Inkscape.

Terlebih dahulu menambahkan repositori, baru install aplikasinya. Saya telah membuat totorial install aplikasi inkscape di linux. Silahkan anda baca disini.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url