Pengertian Linux dan Kelebihannya

Apa itu Linux?

Apa itu Linux?


Pengertian Linux dan Kelebihannya - Ini merupakan pertanyaan umum yang ditanyakana kepada ketika mendengar OS Linux. 

OS atau operating system merupakan sebuah penghubung antara hardware (perangkat keras pada komputer, smarthphone) dan user (pengguna). OS yang tentu sudah dikenal banyak orang untuk komputer adalah Windows dan untuk smartphone adalah Android.
Di dunia ini untuk komputer OS yang sering digunakan adalah Windows (milik Microsoft), Mac OS (milik Apple) dan Linux (milik umum, karena bersifat Open Source). 

Linux adalah nama dari kernel yang mendukung sistem GNU. GNU / Linux, juga disebut Linux adalah sistem operasi sumber bebas dan terbuka, yang dapat digunakan dan didistribusikan secara bebas.

Kernel dapat dilihat sebagai jembatan antara perangkat lunak dan perangkat keras dan modul pusat dari sistem operasi, yang bertanggung jawab untuk manajemen proses untuk eksekusi aplikasi, manajemen memori, alokasi, dan output input, manajemen perangkat melalui penggunaan driver perangkat dan sistem kontrol panggilan.

Penemu dan Pengembang Linux Pertama

Awalnya dikembangkan pada tahun 1991 oleh Programmer Finlandia Linus Torvalds, Linux adalah kernel yang sangat kuat dan dapat diandalkan, yang dikombinasikan dengan sistem GNU yang paling umum digunakan untuk server Internet, ponsel, tablet yang sebagian besar dikenal sebagai perangkat Android. 

Selain itu, penggunaan GNU / Linux sebagai sistem operasi alternatif, untuk komputer pribadi seperti desktop atau laptop, juga telah berkembang selama bertahun-tahun, dengan beberapa juta pengguna telah menemukan manfaatnya.

Manfaat menggunakan Linux dan Kelebihannya

Linux itu sangat efisien, sangat cepat dan semua perangkat keras bekerja di luar kotak, hanya pada kesempatan langka Anda perlu menginstal driver perangkat, Versi 64 bit Manjaro dengan desktop Xfce, melakukan boot hanya dalam beberapa detik dan menggunakan hanya 200MB memori untuk dijalankan.

Sistem Linux sangat aman dan tidak terpengaruh oleh sejumlah besar virus Windows, trojan, worm atau malware di luar sana. Perangkat lunak anti-virus tidak diperlukan.

Distribusi Linux 

Sudah banyak orang di dunia ini yang mengembangkan Linux, berikut adalah kembangan dari Linux itu sendiri yang saya ambil gambar dari Wikipedia.

Daftar Distro Linux
Sumber : Wikipedia

Itulah sedikit dari penjelasan Pengertian Linux dan Kelebihannya yang bisa saya berikan. 

Sumber : Manjaro Linux
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url